SMPN 1 Cikarang Utara
Selamat datang di Forum Diskusi SMP Negeri 1 Cikarang Utara. Silahkan log-in untuk menjelajahi dunia kijara...
SMPN 1 Cikarang Utara
Selamat datang di Forum Diskusi SMP Negeri 1 Cikarang Utara. Silahkan log-in untuk menjelajahi dunia kijara...
SMPN 1 Cikarang Utara
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.


Tempat para Murid atau Alumni SMPN 1 Cikarang Utara berkumpul dan berdiskusi.
 
IndeksLatest imagesPencarianPendaftaranLogin
Selamat datang di forum diskusi SMP NEGERI 1 CIKARANG UTARA. || Silahkan log-in jika and sudah memiliki akun di forum ini. || Bagi anda yang belum punya akun di forum ini, silahkam mendaftarkan diri anda.

 

 PERATURAN FORUM DIAKUSI SMPN 1 Cikutra

Go down 
PengirimMessage
Admin
The Master of All Member
The Master of All Member



Jumlah posting : 6
Join date : 25.05.09

PERATURAN FORUM DIAKUSI SMPN 1 Cikutra Empty
PostSubyek: PERATURAN FORUM DIAKUSI SMPN 1 Cikutra   PERATURAN FORUM DIAKUSI SMPN 1 Cikutra I_icon_minitimeTue May 26, 2009 1:03 pm

Saat kamu masuk ke forum ini, kamu berinteraksi dengan sejumlah individu yang berlainan. Baik berlainan dalam pengetahuannya, pengetahuannya mengenai komputer/internet, atau bahkan pengetahuan umum mengenai bersosialisasi.

Karena itu, PERATURAN ini dibuat agar kita semua punya keseragaman mengenai perilaku berinteraksi dengan sesama member. Perlu diketahui, hanya untuk membaca posting di forum ini, TIDAK DIPERLUKAN REGISTRASI. Jadi, jikalau kamu hanya ingin membaca, tidak perlu melakukan registrasi. Jika kamu sudah registrasi, postinglah yang benar.


I. REGISTRASI

Begitu masuk ke halaman awal Forum, Klik register. Akan muncul halaman dengan serangkaian pertanyaan untuk diisi (username yang dipilih, password, dan email). Isilah dengan benar. Kemudian di bawahnya ada serangkaian aturan yang merupakan ringkasan dari aturan yang berlaku di Forum ini.

Baiklah, kalau kamu lupa, ini aturannya:
Quote :
Peraturan dasar yang perlu diperhatikan:

1. tidak membahas di luar hal sekolah kecuali di forum yang sudah tersedia.
2. Hapus pesan yang tidak perlu ketika akan membalas.
3. tidak menulis hanya 1 baris (oneliner) atau satu kata (oneworder)
4. tidak menggunakan StICkY CApS.
5. tidak posting hal-hal yang dapat menyinggung perasaan orang lain. (flame)
6. tidak mengirimkan Spam

Pelanggaran atas hal tersebut di atas akan mendapatkan :
1. Warning tertutup.
2. Warning terbuka.
3. Diskor selama sekian hari tidak diperbolehkan posting.
4. diBAN
5. khusus Spammer, akan langsung diban.

Dengan mendaftar di Forum Diskusi SMPN 1 Cikutra, berarti kamu sudah setuju untuk menaati peraturan tersebut di atas.


II. KEANGGOTAAN

1. Masuk ke Forum dengan klik di tombol yang ada di barisan atas. Pilih Forum: Beranda. Pilih topik berjudul: TOPIK PERKENALAN. Klik tombol “Reply”. Isilah dengan data dirimu, terutama username. Setelah itu klik “Post”.
3. Setelah itu, baca topik-topik yang ada di beranda ini. Untuk mengenal di mana member lain tinggal, baca topik “Domisili”, member yang lain punya FS/Y!M/blog dsb, baca di topiknya. Isi dengan benar.
4. Setelah itu kamu boleh menjelajah seluruh Forum. Ingat, bacalah dulu sebelum membuat post.
5. Setelah Post-mu berjumlah 10, statusmu akan dinaikkan menjadi “laskar kijara”. apabila kamu tidak melanggar aturan posting.
6. Kamu harus mematuhi peraturan yang ada, Admin, Global Moderator, dan Moderator.
7. Kamu juga harus menghormati member lain yang ada dan perbedaan pendapat yang mungkin timbul. Dilarang menghina member lain, Admin, Global Moderator, Prefeks, juga tidak diperbolehkan menghina orang-orang di sekolah, karena ini akan memicu pertengkaran dengan member lain.
8. Pelanggaran akan ditindak sesuati dengan berat pelanggaran tersebut.


III. BAHASA

1. Bahasa yang dipergunakan harus dimengerti oleh para member. Sebaiknya bahasa Indonesia, dengan penggunaan bahasa asing yang umum
2. Tidak ada makian, walaupun disamarkan atau di-edit. Jaga agar rating diskusi tetap PG-13; jangan menyebutkan kata-kata yang vulgar
3. Dalam berinteraksi di dunia cyber, kita tidak menggunakan nada suara atau air muka (kecuali yang chatting menggunakan speaker/webcam). Sebagai gantinya, tanda baca adalah sarana umum. Karena itu pergunakanlah tanda baca yang benar, seperti titik, koma, titik koma, titik dua, dll. Dengan demikian, tanda seru dan tanda tanya lebih dari satu itu tidak ada gunanya. Demikian juga penggunaan emoticon sebagai sarana pengganti airmuka dan intonasi suara, cukup satu, tidak perlu berderet-deret.
4. Matikan CAPS LOCK di keyboard saat berada di HPI ini, karena CAPS LOCK diasumsikan berteriak. Juga tidak diperkenankan menggunakan StIcKy cApS/dIsToRtEd TeXt.
5. Sebisanya tidak menggunakan bahasa SMS, seperti gw ud blg g ngrt. Juga tidak diperkenankan menggunakan kool t@lk, seperti: becoz, r u al8, ilu, dsb
6. Penggunaan font warna-warni terutama merah, marquee (kalimat berjalan), bold, dan asesori lainnya untuk menarik perhatian, diupayakan tidak dilakukan.
7. Pelanggaran seperti berikut: tanda tanya/tanda baca berlebihan, emotikon berlebihan, StIcKy cApS/dIsToRtEd TeXt, bahasa SMS, kool t@lk, font warna-warni berlebihan, marquee tidak pada tempatnya, dan sebagainya, akan langsung di-delete tanpa peringatan.



IV. AVATAR PIC DAN GAMBAR/IMAGE

1. Avatar Pic berukuran maksimal 80 pixel x 80 pixel dan tidak lebih dari 15 KB
2. Gambar/image yang dipasang di message board, berukuran maksimal 150 pixel x 150 pixel. Lebih dari itu, silakan mencantumkan link gambar tersebut saja.



V. POSTING

Kamu tidak akan dihargai berdasarkan warna kulit, warna mata, warna rambut, berat badan, umur, atau karena merek baju tertentu. Kamu akan dihargai atau tidak, berdasarkan kualitas penulisanmu. Ketahuilah apa yang akan kamu bicarakan, dan buatlah orang lain juga mengerti apa yang kamu tulis.

1. Untuk memulai topik, pilih subForum yang tepat.
2. Lihatlah apakah topik yang akan didiskusikan sudah ada yang menulis atau belum. Jangan malas untuk MEMBACA sebelum post. Jika belum ada, klik ‘new topic’, tulis judulnya pada ‘Subject’ dan isinya pada form. Klik ‘preview’ untuk melihat tampilannya sebelum dipost. Jika sudah yakin, klik ‘post’
3. Jika sudah ada yang memulai, klik judulnya, baca dulu baik-baik, dan jawablah dengan klik ‘post reply’
4. Bila meng-quote, hapus yang tidak perlu. Hanya quote yang mau ditanggapi saja. Hindari quote berganda kecuali benar-benar perlu
5.Jika terdapat kesalahan pada postingmu, klik tombol ‘modify’ di kanan atas. Begitu juga bila ada yang terlupa. Jangan membuat post baru lagi, tetapi klik ”modify” dan tulislah tambahannya, klik ”save” kalau sudah selesai. Post 2x atau lebih dalam waktu berdekatan tanpa ada yang menyelingi, dikategorikan ”flood post”
6.Jika ingin dihapus keseluruhan postingmu, klik gambar penghapus di kanan bawah, jika belum ada yang menge-post sesudah postinganmu. Jika sudah ada yang menge-post, hubungi Prefek.
7. Untuk menghubungi member lain secara pribadi, klik bulatan bertuliskan ‘pm’ yang ada di bawah avatar yang bersangkutan, atau klik tulisan ‘You have __ messages, __ are new’ di bagian atas, masuk ke Inbox, ketik pesannya, dan klik ‘submit’
8. Bila perlu, pakailah fasilitas Poll untuk topik yang kamu buat, tetapi Poll yang kamu buat itu harus sesuai dengan topik yang sedang kamu bahas.
9. Untuk hal-hal seperti: penempatan avatar, penggantian password, dll, silakan klik ‘Profile’ di bagian atas Forum




VI. OT (OUT OF TOPIC), FLAME WAR, DAN LAIN LAIN

1. OOT hanya diperkenankan di subForum Knockturn Alley.
2. Posting yang hanya berisi smiley maupun kata-kata penguat seperti “Setuju!” dan “Iya” yang tidak diikuti oleh opini yang kuat dan berdasar (one-liner), tidak diperkenankan ada di MB
3. Junk post, flood post, flame war, spam (oleh bot atau bukan) jangan ditanggapi. Laporkan pada Prefek/Global Moderator/admin via PM, atau dengan klik tombol “Report to moderator” di kanan bawah. Baik yang memulai maupun yang menanggapi flame war, keduanya dianggap bersalah
4. Masalah sekolah, masalah pribadi, maupun kehidupan tokoh selain tokoh-tokoh Harry Potter silakan diperbincangkan di tempat lain atau lewat Private Message (PM)




VII. TINDAKAN / SANKSI UNTUK PELANGGARAN
1. Bervariasi antara:
a. Peringatan tertutup (lewat PM)
b. Peringatan terbuka (langsung di MB)
c. Penghapusan pesan (maupun avatar pic dan gambar)
d. Ban (dikeluarkan)

2. Sanksi yang dijatuhkan tidak harus berurutan / bertahap tergantung pada pelanggaran dan akibat dari pelanggaran tersebut.


VIII. PENUTUP
Hal-hal lainnya akan menyusul kemudian, tergantung kepada situasi yang berlangsung.


Jangan pernah ragu untuk menghubungi Prefek, Global Moderator, atau Admin melalui e-owl maupun PM, apabila ada masalah dengan HPI.
Kembali Ke Atas Go down
https://smpn1cikutra.indonesianforum.net
 
PERATURAN FORUM DIAKUSI SMPN 1 Cikutra
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
SMPN 1 Cikarang Utara :: Selamat Datang Di Forum SMPN 1 Cikutra :: Beranda Sekolah-
Navigasi: